28 June 2009

Contreng vs Golput

Pemilihan presiden tahun 2009 tinggal menunggu hitungan hari, para capres dan cawapres sibuk mengeluarkan segenap energi untuk berkampanye agar dapat menarik hati rakyat.

Namun yang perlu disorot adalah pertempuran para penyontreng vs para golput. Kekuatan golput pada pileg bulan april lalu cukup signifikan di kisaran 40%, memang angka itu tidak murni golput secara ideologis atau orang yang sengaja golput, tapi sebagian dari masalah teknis, di antaranya carut marutnya DPT dan banyaknya partai dan caleg, serta kertas suara yang sebesar surat kabar, yang tentu saja menjadi salah satu faktor membengkaknya angka golput, selain menurunnya kepercayaan terhadap para elit dan sistem pemilu sekarang ini.

Pada pilpres nanti mungkin saja angka contreng bisa menekan angka golput, jika KPU bisa memperbaiki kinerjanya, selain itu pilpres biasanya lebih menarik dan simple, karena hanya diikuti 3 pasangan capres dan cawapres. Namun semua itu hanya perhitungan di atas kertas, jadi liat saja, siapa yang dapat memperbesar persentasinya! Contreng atau golput??

No comments:

Translate To :

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified