12 June 2009

Virus vs Bakteri

Terkadang sulit membedakan antara virus dan bakteri, terutama bagi masyarakat awam, yang jelas keduanya termasuk dalam golongan kuman, yakni organisme renik penyebab penyakit.

virus merupakan organisme ultramikroskopis dan hanya memperbanyak diri di dalam sel. virus tidak mesti
tinggal di dalam sel, namun sistem kekebalan tubuhlah yang harus menyingkirkanya atau membiarkan ia tetap berada dalam tubuh kita. gejala-gejala seperti pilek, sakit tenggorokan dan diare, biasanya menandakan tubuh kita terinfeksi oleh virus.

Sementara bakteri adalah organisme renik bersel tunggal, berdinding sel keras, bergerak dengan flagel, dan inti selnya tidak dikelilingi membran.
bakteri dapat ditemukan dimana-mana, adakalanya sistem kekebalan tubuh tidak mampu menyingkirkan bakteri, jika ini terjadi biasanya Antibiotiklah yang diberi tugas untuk membunuh bakteri dan menghentikan pertumbuhanya. rasa sakit, nyeri atau borok pada bagian tubuh kita biasanya menandakan tubuh kita terinfeksi oleh bakteri.

Persaingan seru antara virus dan bakteri dalam menimbulkan penyakit pada tubuh kita memang perlu diwaspadai, penyebaran infeksinya pun hampir sama.
pola hidup sehat adalah salah satu cara terbaik dalam mencegah penyebaran keduanya.

No comments:

Translate To :

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified