08 June 2009

Indomaret vs Alfamart

Fenomena menarik dalam bisnis ritel di Indonesia adalah menjamurnya mini market, dan yang menonjol dalam persaingan bisnis itu adalah pertarungan head to head antara Indomaret vs Alfamart, hampir di setiap kota, atau di suatu jalan yang sama kedua mini market itu selalu ada, bisa dikatakan dimana ada Indomaret maka di situ ada Alfamart, begitu pula sebaliknya dimana ada Alfamart di situ ada Indomaret.

Pertarungan kedua mini market itu pun akan berimbas ke peningkatan pelayanan. barang-barang yang tertata rapi, ketersediaan produk yang lengkap keduanya memang cukup berimbang, namun dari beberapa pendapat orang di tempatku, soal keramahan Alfamart sedikit lebih unggul, entah di tempat lain.


Namun yang perlu di catat, pertarungan sengit kedua mini market ini berimbas pada toko ritel tradisional, pangsa pasar mereka pun terebut oleh kedua mini market yang bertarung hingga ke pinggiran kota, bahkan masuk kewilayah pemukiman penduduk! Nasib warung dan toko ritel tradisionalpun terancam gulung tikar.

No comments:

Translate To :

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified