23 December 2009

Viking vs Jak Mania

Aroma panas selalu mewarnai pertandingan antara dua tim besar Indonesia yakni Persib Bandung vs Persija Jakarta, selain perseteruan di lapangan hijau, perseteruan di luar lapangan antara suporter kedua tim juga tak kalah serunya. Yups! Viking sang pendukung fanatik tim Maung Bandung Persib dan Jakmania yang merupakan pendukung berat Macan Kemayoran Persija memang terlibat dalam perseteruan emosional, hingga kedua suporter ini selalu melakukan tindakan-tindakan yang tidak terpuji dan anarkis jika Persib dan Persija bertemu, seperti pelemparan-pelemparan dan intimidasi kepada para pemain, baik kepada para pemain Persib ketika bermain di Jakarta atau pun kepada pemain Persija ketika bermain di Bandung.

Tindakan-tindakan tidak terpuji dari kedua suporter seperti itu tentu saja bukan bentuk kecintaan kepada kedua tim yang mereka dukung karena hal itu justru merugikan tim, selain kemungkinan terkena sanksi, kemungkinan pemain terluka dari kedua tim juga sangat terbuka.
Sayang memang jika hal ini terus terjadi padahal dukungan dalam bentuk yang positif dan sportif berupa nyanyian dan yel-yel pemberi motivasi pada para pemain sudah cukup baik.

Sungguh menyenangkan jika pertandingan Persib vs Persija yang selalu menarik dan dipenuhi puluhan ribu penonton itu tidak diwarnai oleh tindakan-tindakan yang tidak terpuji seperti pelemparan dan intimidasi kepada pemain. Kita perlu belajar dari suporter Liverpool dan Everton yang berseteru dengan hebat hingga sempat menimbulkan korban kini mereka sadar dan mendukung timnya dengan lebih sportif dan damai.

No comments:

Translate To :

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified