21 May 2009

Kecap ABC vs Kecap Bango

Dua perusahaan kecap terbesar di Indonesia ini terus bertarung dengan sengit guna memenangkan persaingan dalam menguasai pasar.


Dominasi kecap ABC, mulai didekati oleh saingan utamanya yakni kecap cap bango, hal ini dilihat dari berkurangnya persentase penguasaan pasar kecap ABC sepanjang tahun 2006-2007 yang dikutip dari lembaga riset pasar asal Australia yaitu Roy Morgan Research, sementara itu kecap cap bango cenderung stabil, bahkan mengalami kenaikan meskipun tipis pada periode yang sama.


Cukup menarik untuk menyimak persaingan mereka pada periode 2008 hingga 2009 ini, dikancah media, perang keduanya berlanjut dengan perang iklan ditelevisi untuk membentuk image pada para konsumen tentang produk mereka, kedua perusahaan jor-joran dalam belanja iklan walau harus mengeluarkan biaya puluhan milyar rupiah. Itulah sekilas persaingan kecap ABc yang berada dibawah bendera H.J Heinz Co.,sebuah perusahaan kecap asal Amerika Serikat yang berpusat di kota Pittsburg vs Kecap cap Bango yang berada di bawah bendera PT.Unilever Indonesia.

1 comment:

ismarzuki said...

ABC dan Bango enak,
cuma kami kasih saran . kecap yang tipe asin, tolong kurangi manis sampai nol persen...

Translate To :

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified