28 September 2008

Gelombang Mudik

Sudah tradisi..seminggu menjelang lebaran, lautan manusia akan memadati pusat2 pemberangkatan seperti terminal, stasiun, pelabuhan, atau bandara..hehe..kayak semut berdesak2an..bisa dibayangkan betapa sesak dan panasnya..tapi itulah seninya kali..dlm keadaan sperti itu org dah tak peduli lagi, berdempet2an meski dgn lawan jenis..hehe..hati2 copet saudara2..! Hal ini mungkin tak terlihat di Bandara, tp Klo di terminal, stasiun dan pelabuhan jelas terlihat, terutama angkutan kelas ekonomi, kasian klo liat anak2 kecil dan para manula ke gencet..liat2 org2 bergelantungan didepan pintu kereta..smua itu aku saksikan baik di TV maupun melihat langsung suasananya di kotaku.
PR nih bg pemerintah..khususnya kmentrian yg terkait dgn masalah transportasi..agar mengelola lebih baik transportasi di Indonesia..
Fenomena mudik beberapa tahun ini juga diwarnai oleh para pemudik yg menggunakan sepeda motor..tak ayal lagi jalanan menjadi lautan motor, bercampur baur dgn kendaraan jenis lainya.
Gelombang mudik mmg akan terjadi terus..karena dampak pembangunan yg centralistik pada masa lalu hingga sekarang..
Sebenarnya gelombang mudik itu wajar2 aja, tapi klo gelombangnya semakin besar dari tahun ke tahun bisa jadi masalah dong..!
Ntar kayak gelombang tsunami..lho.!
Tentu saja kita tidak mengharapkan hal tsb terjadi..
Makanya jajaran eksekutif dan legislatif selayaknya memikirkan ini..
Kembangkan Daerah..!

6 comments:

Hendar.ape said...
This comment has been removed by the author.
Hendar.ape said...

Ya ialah masa iya-iyadong.namanya juga lebaran banyak orang yang mudik.otomatis jumlah kendaraan meningkat.hebat lah ide pemikirannya bagus.teu jauh siga reforter nu dina tv.padat,jelas,singkat,akurat jeung terarah

Jango said...

weii..ada org pekan baru nih..gimana kabarnya?
akhirnya rampung jg blognya ya..!
kapan mo mudik nih?

Jango said...

weii..ada org pekan baru nih..gimana kabarnya?
akhirnya rampung jg blognya ya..!
kapan mo mudik nih?
nuhun atas kommennya.

Hendar.ape said...

Ya..habis gimanalagi duit ta ado.harga tiket melambung tinggi.mungkin tau depan aja deh...he...ya..dipekanbaru aja deh lebaranny....slm kampung cimahi oge sesepuh nyontrol ti hendar.ape.

Jango said...

bukan kampung Cimahi pe..! tapi Kota Cimahi..ntar pak ITOC marah lho...!
ya udah lah..lebaran di Pekan Baru juga ..nikmati saja..

Translate To :

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified